Sabtu, 04 Februari 2012

Sentou Gakuen: Game MMOVN Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Mobil rancangan pelajar SMK saat ini menjadi berita utama banyak media di Indonesia. Bahkan walikota Solo tertarik, dan sudah mempersiapkan berdirinya perusahaan otomotif, serta menjadikan hasil karya anak SMK itu sebagai mobil nasional.
Setiap berita tentang karya yang berprestasi seperti mobil Esemka selalu disambut dengan antusias oleh masyarakat. Hal ini tidak mengherankan, karena masyatakat kita rindu akan prestasi nasional yang dapat dibanggakan oleh Bangsa Indonesia.
Jauh dari sorotan media dalam negeri, namun hasil karyanya  mendapat sambutan hangat di kancah dunia internasional, seorang programmer muda, mahasiwa ITS Surabaya dibantu teman-teman dunia mayanya, berhasil menciptakan browser based game. Game ini merupakan kombinasi antara genre Visual novel dan MMORPG pertama di dunia yang diberi nama Sentou Gakuen. Dalam waktu singkat pengikut twitter telah mencapai hampir 2.700 (https://twitter.com/#!/SentouGakuen.)
Visual Novel (VN), adalah novel interaktif yang sangat popular dan berkembang pesat di Jepang. Hampir 70% dari game PC yang dirilis pada 2006 adalah bergenre ini, namun kurang terkenal di luar Jepang karena permasalahan bahasa. Visual Novel mayoritas dirilis menggunakan bahasa dan huruf Jepang, oleh karena itu Sentou Gakuen dirilis dalam bahasa Inggris agar dapat dimainkan masyarakat internasional, walaupun mengambil setting di Jepang.
Visual Novel pada umumnya bersifat offline dan kurang berasa apabila dilihat dari segi interaktivitas antar pemainnya, karena sifatnya yang Single Player. Sedangkan Sentou Gakuen mengkombinasikan Visual Novel dan MMORPG sehingga permainan bisa dimainkan secara online, multiplayer dan menjadi lebih interaktif serta pemain bisa bebas dalam menentukan kisah mereka sendiri.
Apabila dibandingkan dengan MMORPG pada umumnya, Sentou Gakuen kisahnya lebih hidup, dan dibahas secara lebih mendalam sehingga pemain dapat terbawa cerita dan ikut larut di dalamnya.
Sentou Gakuen telah melakukan dua kali uji coba (16-24 Oktober 2011) dan sejak 1 Januari 2012, game Sentou Gakuen sudah dibuka dan bisa dimainkan oleh semua orang. Game ini disambut secara antusias oleh masyarakat internasional terutama di kalangan penggemar Anime danVisual Novel.
Saat ini pemain di Sentou Gakuen telah mencapai hampir 3.000 orang dan terus bertambah. Hal ini sempat menyebabkan server overload dikarenakan server tidak mampu menangani jumlah pemain online yang terlalu banyak pada saat jam sibuk.
Meskipun belum genap sebulan, sejak dirilis, Sentou Gakuen menduduki peringkat teratas yaitu: peringkat 10 menurut hasil polling pada ApexWebGaming.com (http://apexwebgaming.com/profile/5779/Sentou-Gakuen), (23/1), Peringkat 7, Menurut hasil polling pada TopWebGames.com (http://www.topwebgames.com), (23/1), Peringkat 4 Menurut hasil polling pada TopRPGames.com (http://toprpgames.com), (23/1).
Di Jepang sendiri game ini sempat dimasukkan sebagai topik utama di salah satu situs berita game terbesar di Jepang, Kotaku.jp (http://www.kotaku.jp/2012/01/sentougakuen_indonesia.html). Berbagai situs berita Jepang lainnya seperti : Excite.co.jp : http://www.excite.co.jp/News/game/20111104/Onlineplayer_23623.html dan OnlinePlayer.jp : http://www.onlineplayer.jp/modules/topics/article.php?storyid=24226.
Di luar Jepang pun game ini mendapat tanggapan yang positif dari berbagai situs terkemuka lainnya seperti Siliconera, GamingClimax, GamePro dan tidak terkecuali game ini juga masuk dalam Ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia, sebagai game Massively Multiplayer Online Visual Novel pertama di dunia yang belum pernah ada sebelumya.
Karya anak bangsa ini sangatlah membanggakan, di tengah perkembangan industri game di Indonesia yang sangat terbelakang, apabila dibandingkan dengan game-game barat yang sampai saat ini masih mendominasi di negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar